Jumat, 08 Maret 2013

Bos Acer Bandingkan Windows 8 dan ChromeOS

Diantara semua eksekutif industri PC, mungkin presiden Acer JT Wong adalah yang paling vokal mengungkapkan kritik terhadap kebijakan-kebijakan strategis yang ditempuh oleh Microsoft belakangan ini.

Dia, misalnya, pernah mengkritik langkah Microsoft membuat produk tablet dan bersaing langsung dengan para rekanannya sendiri.

JT Wong pun pernah dikutip mengatakan bakal menerapkan sikap "wait and see" atas nasib Windows 8 di pasaran.

Kini, dalam sebuah interview terbaru dengan Bloomberg, orang nomor satu Acer ini mengatakan bahwa angka pengkapalan PC Acer turun 28 persen pada kuartal keempat 2012 dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.

Wong menimpakan sebagian kesalahan yang mengakibatkan penurunan tersebut pada Windows 8, yang dinilainya gagal membangkitkan industri PC.

"Windows 8 sendiri masih belum sukses… Pasar tidak berbalik tumbuh setelah peluncurannya. Itu adalah cara yang mudah untuk menilai sukses tidaknya sistem operasi tersebut," tukas Wang.

Sebaliknya, Wong mengatakan bahwa shipment produk laptop berbasis (Google) ChromeOS, Chromebook buatan perusahannya di Amerika Serikat cukup "sukses" meskipun tak didukung kampanye pemasaran sebesar Windows 8.

Menurut Wong, dari angka total pengiriman notebook Acer di Negeri Paman Sam, antara 5 hingga 10 persennya kini terdiri dari jenis Chromebook. Acer sendiri meluncurkan produk buatannya pada November 2012 lalu.

Perusahaan asal Taiwan ini masih menimbang-nimbang apakah akan merilis produk tablet berbasis sistem operasi Windows RT atau tidak.


Sumber : tekno.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar